Menu :
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal kalori dan manfaatnya bagi tubuh

Mengenal kalori dan manfaatnya bagi tubuh

Mengenal kalori dan manfaatnya bagi tubuh - kalori adalah satuan energi. Dalam nutrisi dan bahasa sehari-hari, kalori mengacu pada konsumsi energi melalui makanan dan minuman dan menggunakan energi melalui aktivitas fisik. Misalnya, apel mungkin memilkiki 80 kalori, sementara 1 mil berjalan dapat menghabiskan seratus kalori.



Sebuah kalori kecil (simbol: kal) – 1cal adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan satu gram air dengan satu derajat Celcius.
Sebuah kalori besar (simbol: Cal, kkal) – 1Cal adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk menaikkan satu kilogram air dengan satu derajat Celcius.
1 besar kalori (1kcal) = 1.000 kalori kecil



Pentingnya manfaat kalori bagi tubuh manusia :
  • Tubuh manusia membutuhkan kalori (energi) untuk bertahan hidup, tanpa energi sel mkita akan mati, hati dan paru-paru.
  • Sumber kalori diperoleh dari makanan dan minuman
  • jika kita hanya mengkonsumsi jumlah kalori tubuh kita membutuhkan setiap hari, setiap hari, kita mungkin akan menikmati hidup bahagia dan sehat
  • Jika konsumsi kalori kita terlalu rendah atau terlalu tinggi, kita akhirnya akan mengalami komplikasi kesehatan
Pernahkah Anda merasa lemas dan tidak bertenaga karena belum makan? Karena tenaga yang dihasilkan oleh tubuh berasal dari kalori yang terdapat dalam makanan. Sehingga jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup maka kita akan kekurangan tenaga. Kalori terdapat di dalam beberapa macam kandungan makanan seperti lemak, karbohidrat dan protein.

Salah satu yang paling banyak mengandung kalori adalah lemak, yaitu dalam 1 gram lemak murni terdapat 9 kalori. Sedangkan pada karbohidrat atau protein, setiap gram terdapat jumlah kalori yang sama yaitu 4 kalori. Oleh sebab itu sangat penting Anda mengetahui berapa kalori yang Anda butuhkan sehingga dapat mempermudah program diet yang Anda jalankan. Karena jika kita makan secara membabi buta makan apa saja tanpa menghitung berapa kalori yang terdapat di dalamnya, maka bisa-bisa kita mengkonsumsi kalori yang berlebihan yang tentunya akan menambah berat badan.

Berikut adalah nilai kalor dari tiga komponen utama dari makanan yang kita makan:
  • 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori
  • 1 gram protein mengandung 4 kalori
  • 1 gram lemak mengandung 9 kalori
Tidak semua orang membutuhkan jumlah kalori yang sama setiap hari. Konsumsi kalori ideal kami tergantung pada beberapa faktor, termasuk kesehatan kita secara keseluruhan umum, tuntutan aktivitas fisik, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan bentuk. Seorang tinggi, 25-tahun pemain sepak bola profesional 6ft membutuhkan lebih banyak kalori setiap hari dibandingkan wanita menetap 4ins 5ft berusia 75. Demikian ulasan singkat tentang pentingnya manfaat Kalori bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui berapa kalori yang sudah anda masukkan ke dalam tubuh, anda hanya perlu membaca pada kemasan makanan yang telah anda beli dan hitunglah kalorinya. Nah, Semoga membantu.
0 Komentar untuk "Mengenal kalori dan manfaatnya bagi tubuh"
Back To Top