Menu :
Diberdayakan oleh Blogger.

Bahaya kista prostat

Bahaya kista prostat

Bahaya kista prostat ~ Prostat adalah kelenjar yang dimiliki pria, adalah kelenjar seukuran kenari dalam sistem reproduksi laki-laki, terletak tepat dibawah kandung kemih. Kelenjar ini melingkupi sebagian dari uretra, saluran yang mengosongkan kandung kemin. Fungsi utama prostat adalah menyediakan cairan untuk sperma saat ejakulasi. PSA diproduksi oleh kelenjar prostat.

Banyak penyakit yang mungkin menyerang prostat. Seperti tumor, kista bahkan kanker. Kanker jelas-jelas merupakan penyakit yang memang harus diwaspada, namun selain kanker, ada juga penyakit  yang menyerang prostat yang juga harus kita waspadai, yaitu kista prostat. Kista adalah kantung kecil berisi cairan yang tumbuh di dalam tubuh kita. Kista mirip dengan tumor, namun kista dan tumor merupakan dua hal yang berbeda. Kista umumnya ditemukan pada wanita dan tumbuh di area reproduksi wanita seperti pad rahim, ovarium, dll. Namun sebetulnya kista juga bisa ditemukan di organ lainnya seperti pada tangan, pada pergelangan tangan, bahkan kista juga bisa ditemukan pada pria. Kista pada pria biasanya ditemukan apda prostat dan disebut dengan kista prostat. Kista prostat adalah peradangan kelenjar prostat yang bisa bersifat akut dan bisa bersifat kronis. Kista prostat akut paling sering disebabkan oleh bkteri gram negatif. kista prostat menimbulkan rasa nyeri dan kesulitan buang air kecil pada penderitanya. Dan kebanyakan pria juga merasakan nyeri saat berejakulasi dini saat berhubungan secara seksual.

Beberapa tipe kista prostat

  • Kista prostat yang bersifat asli:
    Kista prostat akan mengganggu perkembangan janin, mengakibatkan penyempitan saluran prostat, penyumbatan, secara bertahap terbentuk retensi, dan retensi ini termasuk kista prostat
  • Kista bawaan:
    Kelainan saluran mesonefrik dan paramesonephric serta ekspansi bagian lumen akan membentuk kista. Kista ginjal umumnya di samping tuba terletak pada bagian tengah setelah prostat, dari kista kateter ginjal ada di kedua sisi. Kista semacam ini sebenarnya bukan dari prostat, sering beradhesi di dinding kandung kemih. Volumenya semakin membesar menimbulkan penekanan pada leher kandung kemih dan mengakibatkan kesulitan buang air kecil; penekanan pada rektum mengakibatkan bengkak pada anus dan kesulitan buang air besar. Kista prostat setelah kelahiran sering adanya hipopasdia, kriptorkismus, perkembangan ginjal yang kurang sempurna, dan penyakit bawaan lain.
  • Kista setelah kelahiran:
    Disebabkan oleh matriks yang kuat mengakibatkan acinus yang tidak sempurna atau obstruksi intermiten. Hal ini membuat acinus menjadi tebal, akhirnya terjadi retensi kista, terletak pada bagian manapun pada prostat atau bagian leher kandung kemih, dengan diameter 1– 2 cm.
  • Peradangan kista:
    Peradangan kronis kista mengakibatkan hyperplasia jaringan ikat, mengakibatkan penyempitan saluran prostat, dan sekresi retensi urin yang akan terbentuk kista .
  • Kista parasitic:
    Disebabkan karena parasit, seperti peradangan kronis sekitar saluran prostat atau hiperplasia granulasi, hal ini semakin lama akan membentuk kista.

Waspadalah terhadap kista prostat
  • Menyebabkan penyakit infeksi reproduksi lainnya. Kista prostat terkadang bisa dari saluran kemih mengalir sekresi nanah, pemeriksaan dubur yang sentuh prostat akan ada rasa fluktuasi. Terkadang ada abses masuk kedalam saluran kemih, dubur, perineum atau sekeliling kandung kemih celah sehingga menyebabkan radang jaringan ikat. Tapi ada pasien mungkin tidak ada deman, dimana gejala bahaya adalah obstruksi saluran kemih, sedikit pasien ada radang epididimis dan testis.
  • Mempengaruhi kesuburan pria. Antara kista prostat dan kesuburan kaitannya sangat erat. Lagi pula, penyakit ini bisa menyebabkan penyakit radang reproduksi lainnya dan berpengaruh pada cairan sperma, sehingga berpengaruh pada kesuburan.
  • Menyebabkan susah buang air kecil. Kista prostat karena prostat bawaan dan non bawaan sehingga terjadi perubahan cystoids. Prostat kista bisa berkomplikasi jadi infeksi dan batu ginjal, kista yang agak besar bisa menekan saluran kemih sehingga menyebabkan susah buang air kecil. Gejala yang sering dijumpai adalah ingin terburu-buru kencing, sering kencing, susah buang air kecil, air kencing sedikit dan retensi urin.

Cara Mencegah penyakit kista prostat

  • Menjaga kebiasaan hidup yang baik, melakukan olahraga yang tepat bisa memperlancar sirkulasi darah, memperbanyak sekresi cairan prostat, menghilangkan bakteri, membantu penyerapan obat dan memperkuat daya tahan tubuh.
  • Perbanyak minum air, sering-sering buang air kecil, melalui air kencing bisa membersihkan saluran kencing, membantu mengeluarkan sekresi prostat dan dapat mencegah infeksi, jadi jangan menahan air kencing.
  • Jangan melakukan onani, kehidupan seksual harus teratur dimana bisa meringankan hiperemi dan sembap pada prostat, baik untuk kesehatan prostat. Menjaga kebersihan alat kelamin dan perineum untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Kebiasaan mandi air panas di malam hari, tapi suhu air mandi jangan terlalu tinggi dan jangan mandi terlalu lama, kalau tidak bisa menyebabkan suhu testis jadi naik sehingga menyebabkan mandul. Selain itu jangan sering memakai celana dalam yang ketat, perbanyak memakai celana dalam katun.

0 Komentar untuk "Bahaya kista prostat"
Back To Top